Rabu, 26 Juni 2013

Pengertian Mengenai Ilmu Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Teknik Planologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai perencanaan suatu kota atau wilayah serta pengembangan kebijakan. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Teknik Planologi adalah ilmu mengenai tata kota.Teknik Planologi berbeda dengan Teknik Arsitektur, Teknik Planologi tidak merancang bangunan per bangunan, namun Teknik Planologi secara langsung merencanakan suatu kota atau wilayah. Berkuliah di Teknik Planologi itu tidak harus memiliki keterampilan atau kemahiran dalam menggambar, yang terpenting hanyalah memiliki imajinasi tinggi serta daya analisis kuat dan kreatif.
Dalam Teknik Planologi, hal-hal yang dipelajari tidak hanya berkaitan dengan teknik atau hitung-hitungan matematis. Namun, Teknil Planologi juga mempelajari ilmu sosial dan kemasyarakatan, teori-teori perencanaan kota dan wilayah, pengetahuan mengenai pemetaan, statistika, software-software yang mendukung mengenai pemetaan dan perancangan, teori-teori sosial, hukum dan otonomi daerah, kajian lingkungan, sistem transportasi, perumahan, ilmu komunikasi, dan ilmu-ilmu teknik lainnya.
Sama halnya dengan lulusan dari Program Studi pada fakultas teknik lainnya, lulusan Teknik Planologi berhak menggunakan gelar Sarjana Teknik (S.T). Lulusan Teknik Planologi dapat bekerja di konsultan-konsultan perencanaan atau instansi-instansi pemerintah seperti Dinas Tata Kota, Dinas Sosial Kependudukan, Dinas Pencatatan Sipil, Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Daerah (Bappenas/Bappeda), Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, atau menjadi penentu kebijakan/Pemimpin Daerah. Selain itu, mereka juga bisa bekerja menjadi Dosen, Pengamat Kota dan Wilayah, Pengembang Kebijakan Perumahan, Pegawai Bank, dan masih banyak lagi lainya.

Sumber : http://whatsurbanandregionalplanning.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar